Internet Engineering Technology

Bangun Sinergi di Tingkat Nasional, Program Studi Teknologi Rekayasa Internet Polinela, UGM, dan PENS Menggalang Strategi Bersama

Surabaya, 26 November 2023 – Dalam upaya memperkuat kerjasama dan sinergi di tingkat nasional, Program Studi Teknologi Rekayasa Internet (TRI) dari Polinela, UGM, dan PENS melakukan pertemuan yang diadakan di Gedung Pasca Sarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada tanggal 24-25 November 2023.

Tujuan utama pertemuan tersebut adalah merumuskan strategi bersama dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan di tingkat nasional, menciptakan inovasi, dan memperkuat jejaring antar lembaga pendidikan tinggi. Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Program Studi TRI, yaitu Ir. Imam Asrowardi, S. Kom., M. Kom., M. Pd., IPM., ASEAN Eng dari Polinela, Moch. Zen Samsono Hadi, S.T.,M.Sc.,Ph.D beserta tim dari PENS, dan Dr. Ronald Adrian S.T., M.Eng. bersama tim dari Sekolah Vokasi UGM.

Ir. Imam Asrowardi, S. Kom., M. Kom., M. Pd., IPM., ASEAN Eng, mewakili program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet Polinela, menyatakan, “Kami berkomitmen untuk bersama-sama mengembangkan program studi TRI agar lebih relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Melalui sinergi ini, kami percaya dapat menciptakan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja Nasional dan Global.”

Moch. Zen Samsono Hadi, S.T.,M.Sc.,Ph. dan tim dari PENS, serta Dr. Ronald Adrian S.T., M.Eng. bersama tim dari Sekolah Vokasi UGM, turut menyampaikan komitmen yang sama. Mereka menyatakan bahwa kerjasama ini akan melibatkan berbagai kegiatan, termasuk penyusunan program kerja yang akan diwadahi dalam Asosiasi Program Studi Rekayasa Internet, Jaringan, dan Komputer (APRIJA).

Salah satu inisiatif dari sinergi ini adalah pembentukan APRIJA Publisher sebagai wadah publikasi jurnal. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas riset dan karya ilmiah di bidang teknologi rekayasa internet. Selain itu, sinergi juga mencakup kolaborasi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bersama untuk memastikan pencapaian prestasi dan standar kualitas yang tinggi.

Kegiatan ini diakhiri dengan semangat bersama untuk terus mengoptimalkan kerjasama lintas lembaga demi meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusi aktif terhadap kemajuan teknologi rekayasa internet di Indonesia.