Internet Engineering Technology

Dosen Teknologi Rekayasa Internet Polinela Raih Penghargaan CoAuthor dari Asosiasi Big Data & AI (ABDI)

Bandar Lampung, 22 November 2023 – Dosen Teknologi Rekayasa Internet Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Dr. Ir. Septafiansya Dwi Putra, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., memperoleh penghargaan sebagai CoAuthor dari Asosiasi Big Data & AI (ABDI). Penghargaan ini merupakan yang kedua baginya, setelah sebelumnya beliau meraih ASEAN Eng dari CAFEO.

Pemberian penghargaan ini dilakukan pada hari Rabu, 22 November 2023, dalam acara “6th eSummit DataGovAI 2023 & eAwards 2023” yang diselenggarakan oleh ABDI. Acara tersebut berlangsung di Merak Hall, Jakarta Convention Center (JCC), mulai pukul 13.00 hingga 17.00.

Acara ini mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak, termasuk para pejabat tinggi dan menteri yang turut hadir, antara lain Ketua MPR RI, Wakil Menteri Kemenparekraf, Kepala BSSN, Gubernur Sulawesi Barat, Gubernur Lemhannas, Ketua BIG, Rektor Unhan RI, Rektor ITDA dan perwakilan dari Huawei Tech.

ABDI sendiri akan kembali menyelenggarakan “6th eSummit DataGovAI 2023 & eAwards 2023” pada tanggal 22, 24, dan 28 November 2023. Acara ini akan membahas tentang “Revolution In Data Science, AI & Cybersecurity In Connected World”.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Septafiansya Dwi Putra menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diterimanya. Beliau menekankan pentingnya peran teknologi dalam menghadapi era transformasi digital, khususnya dalam pemanfaatan Big Data dan Artificial Intelligence. Selain itu kolaborasi merupakan kunci utama dalam era distrupsi. Penghargaan tersebut, merupakan salah satu dari kolaborasi antar tim riset perguruan tinggi yaitu ITDA – Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Lampung.

ABDI, sebagai asosiasi yang menaungi sejumlah perusahaan teknologi di Indonesia, terus berkomitmen untuk menyelenggarakan acara seperti eSummit DataGovAI demi mendorong inovasi dan kolaborasi di bidang teknologi.

Ketua Umum ABDI, Rudi Rusdiah, menjelaskan bahwa acara “4th DataSecurAI 2023” yang akan diselenggarakan oleh ABDI merupakan bagian dari upaya untuk mengatasi tantangan keamanan siber di Indonesia. Dengan tema “Building Secure, Trusted & Competitive Intelligent Nation”, acara ini akan membahas isu-isu terkait Kedaulatan, Keamanan, dan Demokrasi Data.

Acara tersebut akan melibatkan pemangku kepentingan, termasuk Kepala BSSN, Ketua MPR RI, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perindustrian, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Menteri Perdagangan, Gubernur Lemhannas RI, Ketua Kosgoro 1957, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI, dan berbagai stakeholder terkait seperti BCA, Dell Technologies, Microsoft Indonesia, Polytron, AMD Indonesia, Blibli, dan lain sebagainya.

Sebagai rangkaian acara, ABDI juga akan meluncurkan buku ke-enamnya, berjudul “Revolution in Data Science, AI, Cybersecurity & Metaverse That will impact Economy, Industry, Market & Society”. Buku ini akan menjadi panduan dan sumber inspirasi bagi para praktisi, akademisi, dan penggiat teknologi di Indonesia.

ABDI mengundang seluruh masyarakat, pelaku industri, akademisi, dan pemerintah untuk berpartisipasi aktif dalam “6th eSummit DataGovAI 2023 & eAwards 2023” sebagai wujud dukungan terhadap kemajuan teknologi di Indonesia.